Surga Pemandangan Di Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur

    Terbayar sudah keinginanku yang sejak lama ingin mengunjungi tempat yang satu ini,  Pantai klayar pacitan jawa timur. dulu pernah ke tempat wisata lain di pacitan, tetapi karena satu dan lain musabab sehingga belom sempat mampir ke tempat yang satu ini. 
Pantai klayar merupakan salah satu wisata pantai andalan pacitan, ini di tunjukkan dengan kedatangan rombongan keluarga pak SBY pada tahun 2013 an yang lalu.
    Pantai Klayar tepat terletak di Desa sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. 
perjalanan saya mulai dari desa penggung (red: hotel di mana saya nginep alias kampung saya he he) lanjut ke rute Nawangan-Arjosari-Pacitan-Pantai Telengria-pantai watu karung-Pantai Klayar-Goa Gong-punung-Pringkuku-Sedeng-Pacitan-Arjosari-Nawangan- dan kembali ke hotel.   Tujuan utama waktu itu adalah pantai klayar, tetapi sekalian mampir di pantai teleng ria dulu, karena akses dari kota pacitan ke pantai teleng ini sangat dekat, lanjut perjalanan ke pantai watu karung melalui jalan raya pacitan-solo ikuti petunjuk arah yang mau ke watu karung. Di kecamatan pringkuku belok kiri sampai ketemu pantai watu karung. Sekitar satu jam di pantai watu karung foto foto dan menikmati putihnya pasir dan birunya air laut lanjut perjalanan ke pantai klayar. Dari watu karung ke pantai klayar anda bisa memilih dua jalur perjalanan, yang pertama balik arah lagi ke jalan raya, ini bertujuan mencari jalan yang bagus dan lebar. Atau pilihan ke dua dengan meneruskan perjalan dari watu karung ke pantai klayar, tetapi jalan agak rusak dan berliku liku naik turun deh pokoknya, tapi asyik juga sekalian ngebolang, he he. Jarak dari watu karung ke pantai klayar kurang lebih 10KM.
Berikut jepret jepret ala kadarnya ,,,,












    Nah di pantai klayar ini ada satu tempat yang di beri nama seruling sakti eh salah, seruling sakti kan punya nya caesar goyang yks itu. Di pantai klayar ada satu tempat yang di beri nama seruling samudera, wah apa lagi ini? Seruling samudera adalah tempat di mana ada air yang tiba tiba keluar dari dalam batu besar dan kadang mengeluarkan suara seperti seruling, tapi bukan seperti seruling dangdut ya suaranya. Air yang keluar ini bisa mencapai ketinggian kurang lebih 10 M, dan biasanya para pengunjung berburu foto untuk dapat menangkap momen yang unik ini. Muncul pertanyaan? kok bisa tiba tiba ada air yang keluar dari bebatuan sampai setinggi itu? iya, karna air itu keluar dari rongga rongga bebatuan yang di hantam ombak besar dari tengah lautan. 
    Jarak dari tempat parkir ke seruling samudera ini kurang lebih 1km dengan menyusuri sepanjang pinggiran pantai di atas pasir putihnya. Anda juga bisa menyewa motor roda tiga yang di buat sirkuit mini itu apa namanya saya lupa?? dengan biaya sewa Rp50.000   per setengah jam nya. Selain menuju ke seruling samudera anda jg bisa sekalian menikmati pemandangan di sepanjang pantai. Tetapi harus di ingat, jika kita ingin menuju ke seruling samudera harus di sertai pemandu, awalnya sih kirain cuma seperti pemandu wisata gitu, tetapi bukan ini tugasnya, pemandu ini adalah orang yang sangat hafal sekali tentang pasang surutnya air laut, jadi jika air pasang bisa kemungkinan seruling samudera ini belom bisa di kunjungi sampai menunggu air surut. Mengingat ombak di pantai klayar ini cukup wus wus.  "untuk pemandu ada biaya Rp5000 mas" kata salah satu pemandu.
SERULING SAMUDERA
    Setelah dari pantai klayar saya melanjutkan perjalanan ke goa gong. Goa yang di klaim memiliki keindahan ornamen paling indah se asia tenggara, nih rivewnya klik  di sini  
Rute kemarin pas ke pantai klayar:

A : Pacitan Kota
B : Pantai Watukarung
C : Pantai Klayar
D : Goa gong
E : Jl Sedeng menuju ke pacitan kota/pulang lagi

Jika anda dari arah surakarta atau yogyakarta bisa belok kanan di kecamatan punung. Di gambar peta pas di titik warna kuning dan ungu. 











kata pencarian 
  • Pantai Klayar Pacitan
  • Klayar Pacitan
  • Klayar seruling samudera
  • Pantai Klayar
  • Pantai Pacitan
  • Pantai Wisata Pacitan
Share:

5 comments:

  1. memang pantai terkenal akan keindahan pantai yang eksotis

    ReplyDelete
  2. Blog nya mantap..Mohon ditularkan ilmunya ke adik - adik kita yang masih sekolah

    di bangku SLTA/SLPT sederajat dan ikuti Lomba Blog Wisata

    Pacitan

    ReplyDelete
  3. Wah bagus juga nih pantai klayar
    jadi mau kesana
    semoga pariwisata Indonesia makin maju

    ReplyDelete
  4. selamat datang di pacitan PARADISE OF JAVA...bagi anda yang pengen muter muter menikmati tempat wisata pacitan kami MUJIATI tour&travel siap membantu. sewa bus/mobil+driver yang sudah berpengalaman,tour guide,jalan2 wisata bahari, pesona goa gong, kuliner, booking hotel, antar jemput bandara, out bond dll. hubungi 0818227310, 081234114314 pin:51b34d2f
    #aku_bangga_jadi_anak_pacitan

    ReplyDelete
  5. Dulu masih boleh ke lokasi Seruling Samuderanya ya...
    Sekarang akses jalannya udah ditutup..

    Coba mampir pas sore.. Matahari sorenya bagus..

    ReplyDelete

Mari berbagi informasi

Find Us On Facebook

Test Footer 2

Popular Posts