Puncak Batu Gunung Munara

Profil gunung  munara.

    Gunung munara merupakan situs pendakian yang bisa dibilang cukup aman untuk pemula karena medan dan tripnya  masih mudah dijangkau. Tetapi walaupun mudah menurut hemat penulis,  namun jangan sesekali anda meremehkan alam dengan celetukan celetukan yang tidak perlu, misal "ah cuma segini, atau gini aja mah kecil" Tidak usah ada kata kata itu ya, ingat.
    Gunung munara memiliki medan trip yang gampang dilewati ketika musim panas, tetapi jika musim hujan jalanan yang kebanyakan tanah merah ini akan sedikit menguras tenaga karena sangat licin.  ketinggian gunung munara menurut tulisan yang tertera dipuncak munara adalah 1119 MD PL dan memiliki puncak tertinggi berupa batu menjulang dan bertebing.
Dari puncak munara anda bisa menikmati pemandangan indah berupa hamparan perkampungan yang dijelilingi perbukitan, persawahan.


Puncak Munara



Rute pendakian gunung munara.

dari pos awal atau loket tiket anda akan menyusuri jalan gang kampung sekitar 200  meter sampai ketemu sungai yang dikasih jembatan bambu untuk anda menyeberanginya. Ternyata sungai ini masih produktif sekali bagi warga sekitar,  maksudnya sungai ini masih  dipergunakan warga untuk mencuci dan melamun, Tau artinya melamun kan hehe. 
    Setelah melewati sungai anda akan menelusuri jalan setapak paling lebar setengah meter sampai puncak munara. Sepanjang jalan banyak ditemui warung warung kecil yang bisa dipergunakan untuk istirahat, bahkan paling puncaknya pun ada warung penyedia minuman dan cemilan.  Selain warung,  di beberapa titik juga ada pos penjagaan yang mendata naik turunnya pendaki. Rute pada umumnya masih gampang untuk membedakan mana jalan yang sering dilewati dan mana jalan yang jarang dilewati sehingga tidak harus terlalu khawatir kesasar.
Setelah memasuki pos tiga sampai puncak anda akan memasuki trip yang sedikit lebih susah dibanding sebelumnya karena jalan mulai menyempit dan sudut kemiringan hampir tegak sampai ada tali buat membantu perjalanan.
    Pendakian boleh dilakukan siang dan malam hari, dan selama ini banyak juga yang bermalam dipuncak munara. " ehmmm jadi pingin juga bermalam dipuncaknya".

Hay Guys


Tiket pendakian.

Untuk siang hari tiket pendakian pada pos pertama Rp.5000, parkir motor Rp.5000 untuk motor, Rp.10.000 untuk mobil dan dipos 3 akan dipungut uang keamanan dan kebersihan Rp.5.000 . Jadi total Rp15.000 untuk siang hari.
    Jika anda melakukan pendakian dimalam hari maka akan bertambah Rp.5000 pada tiap pos. Pos pertama Rp10.000 dan pos ketiga Rp15.000, total Rp25.000 pada malam hari berikut parkir.

Rute Menuju Gunung Munara.

Gunung munara terletak di Desa Kp. Sawah  Kecamatan Rumpin kabupaten Bogor Jawa Barat berlokasi tidak jauh dari polsek Rumpin.
Rute saya sendiri dari Cikupa Tangerang - Parung panjang - Dago - Rumpin.
Dari Balaraja atau serang bisa via Tigaraksa - Korolet - Parungpanjang - Dago - Rumpin.
Dari Jakarta bisa Via lebak bulus - ciputat - parung - ciseeng - Rumpin.
Dari Depok bisa via Parung - Ciseeng - Rumpin.
Dari Tangerang kota , kalideres dll via serpong - Cisauk - Rumpin.

Akses menuju gunung munara.

Sampai saat ini akses tergampang menuju Gunung munara adalah menggunakan kendaraan pribadi,  dan belum admin ketahui jika akses kesana via angkutan umum mengingat jika dari arah parung panjang dan serpong via cisauk jalanan dipergunakan untuk angkutan batu dan pasir.

ada yang mau diantar kesana ? Hayukk siap ojeg hehe

Berikut jepretan ala kadarnya :


Pemandangan dari puncak munara

Pemandangan dari puncak munara

Tali menuju puncak batu


Batu diatas merupakan salah satu batu puncak tapi bukan yang utama. Batu ini berqda di bawah batu utama. Jika ingin naik kebatu ini anda harus memanjat tali karena bentuk batu tidak hanya miring tetapi hampir cembung ketika hampir sampai di atasnya. 
Foto ini diambil dari atas, itu artinya saya Berani memanjatnya hehe.  
Bentuk batu disebelahnya berupa lempengan vertikal, dan ketika anda melongok kebawah hanya bisa melihat dinding batu yang tegak lurus dengan ketunggian puluhan meter. Sempat merinding juga melihatnya. 

Jalan melewati diantara bebatuan dan akar kayu besar

Ditempat situs bersejarah


Gerbang menuju gunung muna


Demikian rivew ala kadarnya tentang Gunung Munara. Eits satu lagi, jika anda jarang jalan kaki, maka siap2lah tukang pijit ketika sampai dirumah hehe.
Share:

2 comments:

Mari berbagi informasi

Find Us On Facebook

Test Footer 2

Popular Posts